Sabtu, 19 Oktober 2019

INGREDIENTS 6

1. Celery 


Seledri (Apium graveolens L.) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan.

Nutrisi yang terkandung dalam seledri 

Berikut ini adalah nutrisi atau kandungan nutrisi Seledri pada setiap 100 gramnya.
Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)16 kkal (67 kJ)<1%
Karbohidrat2,97g5,5%
Udara94,43g-
Protein0,69g6%
Gula1,34g-
Serat1,6g-
Lemak0,17g-
Vitamin A22μg3%
Vitamin C3,1mg4%
Vitamin D0 IU0%
Vitamin E0,27mg2%
Vitamin K29,3μg28%
Vitamin B1 (Tiamin)0,021mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,057mg5%
Vitamin B3 (Niacin)0,320mg2%
Vitamin B60,074 mg6%
Vitamin B9 (Folat)36μg9%
Kalsium40mg4%
Zat Besi0,20 mg2%
Magnesium11mg3%
Fosfor27mg4%
Kalium (Kalium)260mg6%
Sodium80mg5%
Seng (Seng)0,13mg1%

Manfaat dari Seledri

 Seledri mengandung berbagai macam nutrisi dan nutrisi serta mineral yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Beberapa adalah

1. Mengurangi peradangan 

Seledri mengandung antioksidan yang memiliki persyaratan untuk menyelamatkan kerusakan radikal bebas yang berkontribusi terhadap peradangan. Penyakit-penyakit seperti penyakit jantung, radang sendi dan kanker juga disebabkan oleh peradangan ini. Seledri juga mengandung asam ferulic, caffeicacid, dan quecetin yang efektif mengatasi berbagai peradangan seperti infeksi hati dan ginjal, nyeri sendi, infeksi usus, infeksi kulit dan infeksi saluran kemih.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Konsumsi Seledri dapat mengendalikan kolesterol yang tinggi. Senyawa unik yang bernama 3-n-butylphthalide (BuPh) memiliki efek mengurangi kolesterol lipoprotein, total kolesterol dan konsentrasi trigliserida.

3. Menurunkan Tekanan Tinggi dan Menjaga Kesehatan Jantung

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner yang berakibat kematian. Dapatkan suplemen rumahan dan perawatan alami untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Ekstrak biji Seledri dapat mengatasi tekanan darah tinggi karena memiliki sifat anti hipertensi. Kandungan Kalsium dan Kalium dapat memiliki efek relaksasi sehingga dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Ekstrak Seledri dapat meningkatkan kesehatan jantung kita secara keseluruhan. Vitamin K yang dikandung oleh Seledri juga dapat digunakan sebagai pembuluh darah dan darah yang dapat dibawa darah ke seluruh tubuh kita dengan sehat. Arteri yang rusak atau lemah memunculkan lebih banyak untuk memperbaiki pembekuan darah.

4. Mencegah Penyakit Hati

Seledri yang mengandung Vitamin A, B dan C dan Zat Besi ini merupakan makanan pembersih Hati / hati yang ideal. Konsumsi Seledri yang teratur dapat membantu melindungi Ginjal dan Hati / hati serta mencegah penyakit-penyakit yang berkaitan dengan Hati / Hati. Seledri juga mengandung sifat Diuretik yang dapat menghilangkan racun, limbah dan kontamin dari tubuh manusia.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Seledri memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, apigenin dan luteolin flavonoid sehingga sayuran ini dapat membantu melawan sel-sel kanker seperti kanker payudara, kanker pankreas, kanker usus dan kanker paru-paru.

6. Memperlancar Sistem Pencernaan

Seledri yang mengandung sekitar 95% udara ini juga mengandung serat larut dan serat tidak larut yang dapat mendukung kelancaran saluran pencernaan pada tubuh kita. Senyawa tumbuhan yang bernama Polisakarida juga dapat mengurangi sakit pada maag dan memulihkan asam lambung.
Sejarah dari Seledri 
Seledri telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sebagai unsur pengobatan dan penyedap masakan. salman  Tua telah menuliskannya sejak awal penanggalan modern. Linnaeus mendeskripsikannya pertama kali dalam edisi pertama Species Plantarum. Ia memasukkan seledri dalam suku Umbelliferae, yang sekarang dinamakan Apiaceae (suku adas-adasan).


Seledri adalah terna kecil, kurang dari 1m tingginya. Daun tersusun gemuk dengan tangkai pendek. Tangkai ini pada kultivar tertentu dapat sangat besar dan dijual sebagai sayuran terpisah dari emaknya. Batang nya biasanya sangat bantet. Pada kelompok budidaya tertentu membesar membentuk umbi, yang juga dapat dimakan. Bunganya tersusun majemuk berkarang. Buahnya kecil-kecil berwarna coklat gelap.
Karakteristik

Tanaman seledri (Apium graveolens L.) termasuk tanaman dikotil (biji berkeping dua) dan merupakan tanaman setahun atau dua tahun, yang berbentuk rumput atau semak. Morfologi dari tanaman seledri (Apium graveolens L.)  dapat dilihat pada Gambar 1. Berikut :


Tanaman seledri tidak bercabang, susunan tubuhnya terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan buah.

              1)      Akar

Akar tanaman seledri (Apium graveolens L.) yaitu akar tunggang dan memiliki serabut akar yang menyebar kesamping dengan radius sekitar 5-9 cm dari pangkal batang dan akar dapat menembus tanah sampai kedalaman 30 cm, berwarna putih kotor (Haryoto, 2009 : 14). 

              2)      Batang

Batang Seledri (Apium graveolens L.) memiliki batang tidak berkayu, memiliki bentuk bersegi, beralur, beruas, tidak berambut, bercabang banyak, dan berwarna hijau.

              3)      Daun

Daun tanaman seledri (Apium graveolens L.) daun majemuk menyirip ganjil dengan anak daun 3-7 helai, anak daun bertangkai yang panjangnya 1-2,7 cm tangkai daun berwarna hijau keputih- putihan, helaian daun tipis dan rapat pangkal dan ujung daun runcing, tepi daun beringgit, panjang 2-7,5 cm, lebar 2-5 cm, pertulangan daun menyirip, daun berwarna hijau muda sampai hijau tua.

              4)      Bunga

Bunga tanaman seledri (Apium graveolens L.) adalah bunga majemuk berbentuk payung berjumlah 8-12 buah kecil-kecil berwarna putih tumbuh dipucuk tanaman tua. Pada setiap ketiak daun dapat tumbuh sekitar 3-8 tangkai bunga, pada ujung tangkai bunga ini membetuk bulatan. Setelah bunga dibuahi akan terbentuk bulatan kecil hijau sebagai buah muda, setelah tua buah berubah warna menjadi coklat muda (Haryoto, 2009:14). 

              5)      Buah



Buah tanaman seledri berbentuk bulatan kecil hijau sebagai buah muda, setelah tua buah berubah warna menjadi coklat muda.


2. Sweet Potato 
doktersehat.com 

Ubi jalar (Ipomoea batatas L.) atau dalam bahasa Inggrisnya sweet potato adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias  karena keindahan daunnya.

Ubi jalar berasal dari Amerika Selatan tropis dan, yang masih diperdebatkan, Papua. Kalangan yang tidak menyetujui asal muasal ubi jalar dari Papua berpendapat bahwa orang Indian telah berlayar menuju ke barat melalui Samudra Pasifik dan membantu menyebarkan ubi jalar ke Asia. Proposal ini banyak ditentang karena bertentangan dengan fakta-fakta klimatologi dan antropologi.

Sejarah 

Ubi jalar atau ketela rambat atau “sweet potato” diduga berasal dari Benua Amerika. Para ahli botani dan pertanian memperkirakan daerah asal tanaman ubi jalar adalah Selandia Baru, Polinesia, dan Amerika bagian tengah. Nikolai Ivanovich Vavilov, seorang ahli botani Soviet, memastikan daerah sentrum primer asal tanaman ubi jalar adalah Amerika Tengah. Ubi jalar mulai menyebar ke seluruh dunia, terutama negara-negara beriklim tropika pada abad ke-16. Orang-orang Spanyol menyebarkan ubi jalar ke kawasan Asia, terutama Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Kandungan Nutrisi pada Ubi Jalar

Seharusnya setiap orang memasukkan ubi jalar dalam daftar makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari. Sebab, makanan ini mengandung banyak vitamin A, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Selain itu, ubi jalar juga menyediakan 37 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C. Ubi jalar ukuran sedang yang sudah dipanggang hanya memiliki 105 kalori. sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Ubi jalar juga mengandung serat dan hampir tidak mengandung lemak.

Kandungan nutrisi penting lainnya pada ubi jalar yaitu 25 persen mangan, 14 persen vitamin B6, dan 9 persen kalium.
Selain itu, ubi jalar mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting manfaatnya, seperti:
  • Kolin
    K
    olin adalah zat serbaguna yang sangat penting bagi tubuh. Disebut serbaguna karena zat ini membantu proses kimiawi dalam sel saraf, membantu penyerapan lemak, serta mempertahankan struktur membran sel. Selain itu, kolin juga bermanfaat dalam membantu gerakan otot, tidur, belajar, dan mengingat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat ekstrak ubi jalar juga sebagai antiradang dan penangkal radikal bebas.
  • Beta karotenZat ini tidak hanya memberi warna cerah pada ubi, tetapi juga memberi banyak manfaat. Beta karoten berperan dalam menunda penuaan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit, antara lain penyakit jantung, kanker, dan asma. Beta karoten dalam tubuh diubah menjadi vitamin A. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan mata, mencegah kerusakan saraf, dan memperkuat kekebalan tubuh.
  • Serat dan kaliumUbi jalar berukuran sedang mengandung 4 gram serat dan sekitar 438 mg kalium. Penting diketahui bahwa kulit ubi jalar mengandung dua zat ini. Meski kulit ubi ada yang berwarna cokelat, ungu, atau kuning, kandungan gizinya tetap sama. Saat mengonsumsi ubi jalar, usahakan tidak mengupas kulitnya agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Berbagai risiko penyakit diduga dapat dikurangi dengan mengonsumsi ubi jalar secara teratur. Penyakit-penyakit tersebut antara lain:
  • KankerSeperti yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan beta karoten pada ubi jalar memungkinkan makanan ini bermanfaat dalam mencegah kanker. Penelitian menunjukkan bahwa beta karoten dapat menurunkan risiko beberapa penyakit kanker, seperti kanker lambung, payudara, dan ginjal.
  • Kekebalan tubuhLagi-lagi, beta karoten pada ubi jalar memiliki peran yang hebat. Zat ini bekerjasama dengan vitamin C dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Dua zat yang juga memiliki sifat antioksidan ini membentuk kombinasi nutrisi yang kuat untuk mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh.
  • PencernaanSerat tinggi yang terkandung pada ubi jalar membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik dan mencegah terjadinya sembelit.
  • DiabetesSebuah penelitian menunjukkan bahwa ubi jalar dapat mengurangi kadar gula dalam darah penderita diabetes. Ubi jalar juga ditengarai dapat mengurangi resistensi sel terhadap insulin dan menurunkan kadar HbA1C dalam darah yang meningkat pada penderita diabetes. Namun, penelitian tersebut masih terbatas pada studi berkualitas rendah dan data tersebut masih perlu dikaji lebih lanjut.
  • Tekanan darahMengonsumsi ubi jalar dapat membantu meningkatkan asupan kalium. Dengan demikian, terdapat potensi membantu menurunkan tekanan darah. Namun disarankan untuk mengolah ubi jalar dengan tidak menambah garam secara berlebihan, karena kelebihan garam (sodium) dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.
Suguhan ubi jalar rebus biasanya dianggap sebagai sajian tradisional. Meski begitu, jangan disalahpahami sebagai makanan yang rendah nutrisi. Untuk menikmati manfaat ubi jalar, cobalah lebih sering mengonsumsinya sebagai menu makan utama atau sekadar kudapan di waktu senggang.

3. Mint Leaf 

hellosehat.com

Daun mint adalah jenis daun dari tanaman herbal spesies Mentha yang banyak digunakan pada makanan, minuman, atau bahkan di ramuan minyak pijat dan aromaterapi. Daun kecil ini memiliki rasa sedikit pedas dengan aroma yang menyegarkan. Tak jarang, daun ini juga sering dijadikan bahan campuran dalam permen karet dan teh. Di samping semua itu, Anda juga tidak boleh menyepelekan beragam manfaat daun mint buat kesehatan, lho!

Manfaat daun mint untuk kesehatan

1. Mengandung banyak nutrisi

Dua sendok makan daun mint segar mengandung:
  • 2 kalori
  • 0,12 gram protein
  • 0,48 gram karbohidrat
  • 0,03 gram lemak
  • 0,30 gram serat.
Selain itu, daun mint mengandung sejumlah kecil kalium, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin C, zat besi, dan vitamin A.

3. Meredakan gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)

IBS adalah gangguan saluran pencernaan yang umum.  Gejalanya bisa berupa sakit perut, kentut, kembung dan kebiasaan buang air besar yang berubah.
Untuk mengobati IBS umumnya butuh obat dokter dan mengikuti pola makan yang benar. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggunakan minyak daun mint bisa bermanfaat menjadi obat herbal untuk IBS.
Minyak daun mint mengandung senyawa yang disebut mentol. Senyawa ini dianggap dapat membantu meringankan gejala IBS melalui efek relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

4. Mengatasi puting susu yang lecet karena menyusui

Puting lecet adalah salah satu dari sekian banyak keluhan ibu menyusui yang ternyata bisa diatasi dengan daun mint. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengoleskan mint ke kulit dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan sakit yang terkait dengan menyusui.
Dalam penelitian yang dikutip dari Healthline, ibu menyusui dianjurkan menggunakan berbagai minyak atau produk berbahan dasar daun tanaman mint ke sekitar puting susunya setelah menyusui. Hasilnya,  air atau minyak daun mint lebih efektif mencegah puting retak dan lecet daripada mengoleskan ASI ke area puting ibu.

5. Meredakan pilek dan flu

Obat pilek dan flu di pasaran banyak yang mengandung ekstrak menthol daun mint. Ekstrak menthol dipercaya memiliki efek dekongestan yang dapat mencairkan lendir hidung yang membuat mampet. Sensasi hangat dari menthol juga berfungsi meningkatkan aliran udara dalam saluran pernapasan.

6. Menyegarkan bau mulut

Permen kunyah, permen karet, pasta gigi, atau obat kumur, rata-rata menawarkan rasa mint sebagai variannya. Hal ini disebabkan karena manfaat daun minta yang punya rasa segar apabila dikunyah.
Para ahli sepakat bahwa sebagian besar produk yang berbahan dasar daun mint dapat mengatasi bau napas selama beberapa jam.
Akan tetapi, wangi mint hanya bisa menutupi aroma bau pada napas, bukan mengurangi bakteri atau senyawa lain yang menyebabkan bau mulut.
Di sisi lain penelitian lain mengatakan bahwa minum teh campur daun mint atau mengunyah daun mint mentah-mentah dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Ini disebabkan karena ada efek antibakteri di dalam kandungan daun mint.

7. Meningkatkan fungsi otak

Ada klaim penelitian yang mengatakan bahwa menghirup aroma minyak esensial dari tanaman mint bisa memberikan manfaat kesehatan peningkatan fungsi otak.
Penelitian dari Inggris ini menguji 144 orang yang mencium aroma minyak peppermint selama lima menit sebelum pengujian. Hasilnya, ada peningkatan aktivitas memori dalam otak yang cukup signifikan.
Namun, tidak semua penelitian sepakat bahwa minyak daun mint dapat bermanfaat bagi fungsi otak. Diperlukan lebih banyak uji penelitian untuk membantu memahami cara kerjanya dan menyelidiki apakah daun mint memang bermanfaat meningkatkan fungsi otak atau tidak.

Karakteristik Mint Leaf 

1. Perhatikan daunnya; pada umumnya varietas tanaman mint memiliki keistimewaan, tekstur ubby, dan  setiap batang mint memilki mahkota yang berkerumun sangat erat, tanaman min juta memiliki daun yang berwarna hijau terang.
2. Petik daunnya kemudian cium; setelah anda memperhatikan daunnya akan tetapi anda belum yakin bahwa itu adalah tanaman mint, maka petik satu daun dari batang tanaman tersebut kemudian cium. Jika anda mencium bau mint yang sangat kuat, maka tidak usah ragu lagi, bahwa tanaman tersebut adalah tanaman mint.
3. Periksa bunga dan mahkota pada tanaman mint; Peppermint contohnya, memiliki bunga berwarna ungu, sementara spearmint memiliki warna bunga merah muda.Sebagian besar bunga dari tanaman mint berukuran kecil dan tidak beraturan.
4.Mengukur tinggi tanaman; Tanaman mint tumbuh dengan rata-rata tinggi 10-120 cm.
5. Perhatikan lokasi tanaman mint tumbuh; Mint tumbuh subur di tempat yang teduh, berlembab dan dengan pencahayaan sedikit. Mint tidak akan tumbuh pada tanah kering atau berbatu yang mendapat sinar matahari sepanjang hari.

Source : 

https://anitasafira1709.blogspot.com/2019/10/describe-some-ingredient.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar