Selasa, 29 Januari 2019

Terminology.

A. Puff Pastry


Puff pastry, juga dikenal sebagai pâte feuilletée, adalah kue ringan bersisik yang terbuat dari adonan berlapis yang terdiri dari adonan (détrempe) dan mentega atau lemak padat lainnya (beurrage). Mentega dimasukkan ke dalam adonan (atau sebaliknya), membuat paton yang berulang kali dilipat dan digulung sebelum dipanggang.
Resep puff pastry modern yang diketahui pertama kali (menggunakan mentega atau lemak babi), muncul dalam buku resep Spanyol Libro del arte de cozina (Buku tentang seni memasak) yang ditulis oleh Domingo Hernández de Maceras dan diterbitkan pada 1607. [3] Maceras, kepala juru masak di salah satu perguruan tinggi di Universitas Salamanca, sudah membedakan antara resep puff pastry isi dan tart puff pastry, dan bahkan menyebutkan persiapan beragi. Jadi, puff pastry tampaknya telah digunakan secara luas di Spanyol pada awal abad ke-17. 


Resep puff pastry Perancis pertama diterbitkan dalam bahasa Prancis "Pastissier françois" karya François Pierre La Varenne pada tahun 1653.
Puff pastry yang dibuat secara komersial tersedia di toko bahan makanan. Jenis lemak yang umum digunakan termasuk mentega, shortening sayuran, dan lemak babi. Mentega adalah jenis yang paling umum digunakan karena memberikan rasa yang lebih kaya dan rasa mulut yang unggul. Shortening dan lemak babi memiliki titik lebur yang lebih tinggi karena itu puff pastry yang dibuat dengan baik akan naik lebih dari pastry yang dibuat dengan mentega, jika dibuat dengan benar. Namun, puff pastry yang dibuat dengan cara ini akan sering memiliki rasa mulut yang lilin dan rasa yang lebih lembut. Margarin khusus yang diformulasikan untuk plastisitas tinggi (kemampuan untuk menyebar sangat tipis tanpa pecah) digunakan untuk produksi industri puff pastry.

B. Sous Vide (sue veed)
Sous-vide adalah cara memasak dengan memasukkan bahan ke dalam kantong kedap udara dan suhu rendah dalam waktu panjang. Kantong plastik yang mengandung bahan makanan diletakkan dalam air panas sekitar 60 °C (140 °F).

Cara memasak ini pertama ditulis oleh Sir Benjamin Thompson pada tahun 1799. Bakteri Clostridium botulinum dapat tumbuh dalam situasi tanpa oksigendan menghasilkan racun botulinum.

Source : 
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sous-vide
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Puff_pastry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar