Minggu, 17 Februari 2019

INGGREDIENTS



TELUR / EGG

Telur adalah pangan padat gizi, karenanya telur merupakan sumber protein hewani, sumber asam lemak tidak jenuh, sumber vitamin dan mineral. Telur sangat baik untuk anak-anak dan orang dewasa, penderita diabetes (kencing manis) dan wanita yang ingin sehat dan langsing.

Macam-macam telur antara lain : 
Telur ayam kampung 
Telur ayam ras. 
Telur burung puyuh. 
Telur itik/bebek. 
Mentok 

Sifat-sifat telur yang perlu diketahui : 
Kulit telur sangat mudah pecah, retak dan tidak dapat menahan tekanan mekanisme yang besar, sehingga telur tidak dapat diperlakukan secara kasar pada suatu wadah. 
Telur tidak mempunyai bentuk ukuran yang sama besar sehingga bentuk ellipsnya memberikan masalah untuk penanganan secara mekanisme dalam suatu sistem yang kontinyu. 
Udara kelembaban relatif dan suhu dapat mempengaruhi mutu terutama kuning telur dan putih telurnya dan menyebabkan perubahan-perubahan secara teknis dan bakteriologis. 
Mutu isi bagaimanapun baiknya tetapi kenampakan luar berpengaruh dalam penjualan telur terutama mempengaruhi harganya. 

Sebutir telur harganya sama dengan dua batang rokok namun serat dengan gizi dan vitamin untuk tambahan nutrisi ibu hamil/menyusui bisa didapatkan dari dua butir telur dan dua potong daging sapi per hari.

Tubuh kita sebenarnya butuh kolesterol cukup besar yaitu 1.000 s/d 1.500 gram sehari. Memakan telur dua butir sehari baru didapat 400 gram kolesterol, lebih dari itu kolesterol dalam telur berguna untuk membentuk garam-garam empedu yang diperlukan bagi pencernaan lemak yang berasal yang berasal dari pangan dan diperlukan sebagai komponen pembentukan hormon seksual.

Boleh dikatakan telur adalah bahan pangan multiguna dan primadona di dapur. Sebagai salah satu sumber protein hewani, telur mudah didapat dan diolah. Selagi tidak ada lauk, telur bisa diancalkan menjadi ‘penyelamat’. Di bulan Puasa pada saat sahur, misalnya. Telur cepat untuk diolah menjadi hidangan yang lezat sekaligus bergizi, dan resep-resep yang disajikan di buku ini pasti sesuai selera.

Banyak variasi hidangan telur, dari yang sederhana sampai yang ‘bergengsi’. Yang sederhana dan mudah misalnya telur rebus matang dan setengah matang, telur dadar, telur mata sapi (ceplok) atau telur orak-arik (scramble). Yang ‘bergengsi’ bisa berupa souffle, custard atau quiche.

Sejarah Telur

Telur burung telah menjadi makanan yang berharga sejak zaman prasejarah, pada masa masyarakat berburu dan masyarakat yang lebih beradab dimana burung-burung telah menjadi jinak sebagai binatang peliharaan. Ayam telah dipelihara untuk diambil telurnya dari hutan asli ke daerah tropis dan subtropis Asia Tenggara dan India sebelum 7500 SM. Ayam dibawa ke Sumeria dan Mesir pada 1500 SM, dan mendarat ke Yunani sekitar 800 SM. Di  mana saat itu puyuh telah menjadi sumber utama dari telur.
            
 Di Thebes, Mesir, Makam Haremhab, yang dibangun 1420 SM, menunjukkan gambaran seorang pria membawa keranjang dari telur unta dan telur besar lainnya, mungkin orang-orang dari Pelician itu menggunakannya sebagai persembahan. Pada masa Romawi kuno, telur diawetkan menggunakan banyak metode, dan makanan biasanya dibuka dengan telur. Bangsa Romawi memecahkan kulit telur di dalam piring mereka untuk mengusir roh jahat yang bersembunyi di sana. Di abad pertengahan, telur dilarang selama masa prapaskah.

Nutrisi dalam telur
Kolin adalah nutrisi esensial yang penting untuk kemampuan memori, mood, dan juga kontrol otot. Selama kehamilan, asupan kolin sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir.
Dua buah telur berukuran besar mengandung lebih dari 50 persen asupan kolin yang dianjurkan untuk ibu hamil.
Kandungan nutrisi penting lain adalah vitamin B12 yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, fungsi saraf, dan sintesis DNA. Vitamin ini hanya ditemukan dalam produk hewani, karena itu jika Anda vegetarian, makan telur bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12.
Ada banyak manfaat kesehatan dari konsumsi telur, antara lain membuat perut kenyang lebih lama, menjaga kesehatan mata berkat kandungan lutein dan zeaxanthin, dan juga menyehatkan tulang.

Tak perlu mencemaskan kadar kolesterol dalam telur. Penelitian terbaru menyimpulkan, mengonsumsi makanan sumber kolesterol tidak otomatis akan menjadi kolesterol. Dengan kata lain, makan dalam jumlah sedang dianjurkan.
Penelitian juga menunjukkan, konsumsi lemak trans dan lemak jenuh justru akan meningkatkan kadar kolesterol.
Jadi, tak perlu menyingkirkan kuning telur karena bagian ini mengandung nutrisi penting, termasuk 40 persen protein.

KOMPOSISI DAN KARAKTERISTIK TELUR 


Telur adalah sel telur (ovum) yang tumbuh dari sel induk di dalam indung telur.  Komposisi kimia telur ayam terdiri dari air sekitar 73.6%, protein 12.8%, lemak 11.8%, karbohidrat 1.0% dan komponen lainnya 0.8%. Telur juga mengandung 10 macam asam amino esensial dari 18 macam asam amino esensial yang ada. Komponen – komponen telur terdiri atas kerabang telur sebanyak 11 %; putih telur ( albumen ) sebanyak 57 %; serta kuning telur (yolk) sebanyak 32 %

Kerabang Telur
Kerabang merupakan bagian telur paling keras dan kaku. Fungsi utamanya ialah sebagai pelindung isi telur dari kontaminasi oleh mikroba. Kerabang mempunyai pori – pori yang berfungsi sebagai pertukaran gas. Pori-pori tersebut sangat sempit, berukuran 0.01-0.07 mm dan tersebar diseluruh permukaan kerabang telur. Pada bagian yang tumpul jumlah pori-pori persatuan luas lebih besar dibandingkan dengan bagian lain. Oleh karena itu terjadi kantong udara di daerah ini.



Putih Telur (Albumen)


Putih telur terdiri dari empat lapisan yang tersusun dari lapisan encer luar (23,2%), lapisan kental luar (57,3%), lapisan encer dalam (16,8%), dan lapisan kental dalam atau khalazaferous (2,7%) (Stadelman dan Cotterill, 1995). Komponen terbesar dalam putih telur mengandung protein dan air.
Khalaza sebagai lapisan berphilin akan mempertahakan kuning telur agar tetap berada di tengah. Putih telur bersifat alkalis dengan pH sekitar 7,6. Putih telur bersifat antibakteri yaitu suatu sifat yang dapat membunuh atau mencegah per-tumbuhan bakteri. Sifat ini disebabkan ka-rena putih telur mempuyai pH yang tinggi, adanya enzim lisozim dan senyawa avidin yang mengikat biotin. Aktivitas enzim pro-teoliotik menyebabkan rusaknya struktur serat dari ovomucin dan ber-kurangnya elastisitas putih telur sehingga putih telur menjadi rusak.

Kuning Telur ( Yolk )
Bagian terdalam dari kuning telur terdiri atas : membran vitellin, saluran latebra, lapisan telur gelap, lapisan telur terang. Kuning telur diselubungi oleh membran vitellin yang permeabel ter-hadap air dan berfungsi mempertahankan bentuk kuning telur. Komposisi kuning telur mengandung kuning telur 100% padatan yang terdiri dari lipoprotein dan protein.

MANFAAT ATAU FUNGSI TELUR 
1. Telur menghilangkan jerawat 
2. Untuk kesehatan mata 
3. Menghasilkan lebih banyak mineral 
4. Menjaga berat badan agar tetap sehat 
5. Telur menghilangkan ketombe 
6. Telur membantu kesehatan rambut dan kuku 
7. Membantu dalam kehamilan 

Source : 
http://giziklinikku.blogspot.com/2016/07/karakteristik-telur.html?m=1
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-dan-risiko-makan-telur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar