Jumat, 01 Maret 2019

Equipment & Utensil

1. Coffe Maker

Fungsi : Alat yang digunakan untuk membuat kopi secara otomatis
Material : Stainless steel
Cara membersihkan : 


  • Gunakan campuran air putih dan cuka larutannya harus dengan perbandingan satu gelas cuka untuk dua gelas air. Masukkan ke dalam coffe maker. nyalakan mesinnya untuk beberapa saat,lalu matikan. Setelah 30 menit nyalakan kembali. Lalu bersihkan dan bilas. 
  • Selalu pakai kertas penyaring baru. Tuang air bersih tanpa cuka ke dalam coffe maker, dan nyalakan kembali. Ulangi langkah tersebut sekali lagi untuk menyingkirkan sisa-sisa dan bau cuka. Ganti cuka dengan jeruk nipis untuk mendapatkan aroma yang lebih segar. 
  • Bagian coffe maker juga tak boleh luput.Bersihkan dengan lap dan air hangat. Jika tabung coffe maker bisa dilepas. cuci tabung dengam cairan sabun cuci piring seperti Sunlight plus anti bakteri. Sabun cair ini efektif untuk membersihkan semua bagian coffe maker sekaligus mencegah kuman bersarang apalagi dibagian bagian tertutup yang sulit dijangkau. 
  • Bagian dalam teko coffe maker juga wajib diperhatikan kebersihannya. Namun jangan gunakan sabun untuk membersihkannya. Cairan sabun akan terikat dengan minyak dan kopi. membuat rasa kopi menjadi kurang enak. 
2. Rice Cooker 
Fungsi : Alat yang digunakan untuk memasak nasi 
Material : Stainless steel,plastik 
Cara membersihkan : 
  1.  Bersihkan Panci, rendam panci rice cooker dengan air hangat  saat akan memasak nasi yang baru. Hal ini bertujuan untuk melunakkan sisa nasi sebelumnya agar lebih mudah dibersihkan. Rendam selama kurang lebih sepuluh menit,setelah itu anda bisa menggunakan sabun cuci piring. Lalu bersihkan kembali dengan air hangat agar sisa sabun terangkat. 
  2. Bersihkan bagian dalam, siapkan lap basah yang sudah diberi sabun pencuci piring dan usapkan dengan lembut. Lalu bersihkan kembali dengan lap basah yang bersih. Langsung keringkan dengan lap kering karena bagian ini rentan terhadap air. Tunggu sesaat sampai benar-benar kering sebelum rice cooker digunakan kembali. 
  3. Bersihkan tutup, dibagian pinggir tutup rice cooker,biasanya terdapat lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan uap panas dari dalam saat memasak nasi. Nah, sebaiknya anda membersihkan tutul rice cooker agar tidak ada kotoran yang menempel di lubang tersebut. karena akan menyebabkan nasi menjadi cepat basi dan sirkulasi udara di dalam rice cooker tidak lancar. Beberapa merk rice cooker juga menyediakan wadah kecil yang berfungsi untuk menampung sisa uap air. Jika wadah tersebut sudah penuh,sebaiknya anda segera membuang airnya agar tidak tumpah dan mengotori bagian luar rice cooker. 
3. Ice Maker 

Fungsi : Adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk membuat ice secara otomatis
Material : Stainless steel 
Cara membersihkan : cukup lap dengan menggunakan napkin atau lap basah untuk membersihkan bagian luar nya. 

4. Ring Cutter 
Fungsi : Alat yang digunakan sebagai pencetak berbagai jenis makanan. 
Material : Stainless steel 
Cara membersihkan : cukup bersihkan dengan cairan air sabun dan bilas hingga bersih 

5. Pastry Wheel Decorator
Fungsi : Alat yang digunakan untuk memudahkan proses penghiasan kue 
Material : plastik , stainless steel 
Cara membersihkan : cukup bersihkan dengan air sabun dan bilas hingga bersih 

6. Cake Stand 
Fungsi : Alat yang digunakan sebagai alas kue yang berukuran cukup besar 
Material : Wooden, stainless steel, plastik
Cara membersihkan : cukup dibersihkan dengan larutan air sabun lalu bilas dengan air bersih hingga noda menghilang 


Source :  
http://www.sunlight.co.id/artikel/detil/1331302/cara-efektif-membersihkan-coffeemaker
https://www.google.com/amp/s/resepkoki.id/4-langkah-cara-praktis-membersihkan-rice-cooker/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar