Kamis, 14 Maret 2019

Terminology


1. MOCHI ES KRIM 

Beralih ke salah satu hidangan tambahan, makanan khas bandung yang satu ini dapat dibilang sebgaai yang paling hits saat ini. Olahan panganan ini pun bisa dibilang masih baru. Berkolaborasi dengan oleh-oleh khas Sukabumi, Bandung menyulap mochi melalui padu padan dingin dan segarnya es krim. Mocha es krim tersedia dalam berbagai varian rasa seperti Chocolate, Vanilla Blue, Strawberry, Durian, serta Greentea.

2. ULUKUTEK LEUNCA 



makanan khas bandung rekommended


Nama makanan khas bandung yang satu ini mungkin terdengar unik dan belum begitu banyak dikenal. Ulukutek Leunca sebenarnya merupakan makanan khas Sunda, namun keberadaannya begitu populer di kota Bandung. Ulukutek Leunca terbuat dari campuran bahan oncom serta leunca yang kemudian dimasak dengan beberapa bahan lain yang bisa dikombinasikan sesuai selera.
Rasa dari makanan khas ini unik dan bervariasi. Ada rasa pedas sekaligus pahit, serta terasa gurih dan renyah di mulut. Sajian makanan ini biasanya disandingkan dengan sepiring nasi putih hangat serta sambel terasi sebagai pelengkapnya.
3. CIRENG
makanan khas bandung


Cireng adalah jenis makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda. Cireng ini dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang bahan utamanya adalah tepung kanji atau tepung tapioka.
Cireng ini adalah singkatan dari aci goreng. Aci goreng ini adalah bahasa sunda untuk tepung kanji goreng. Makanan yang satu ini bisa dibilang sangat populer di daerah Priangan. Selain itu cireng ini dijual dalam berbagai bentuk dan juga variasi rasa.
Seiring perkembangan zamana, banyak inovasi yang dilakukan untuk cireng ini, baik secara rasa maupun bentuknya. Bahkan saat ini cireng tidak hanya ada di Priangan saja, namun sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru Nusantara
Kini, cireng tidak hanya sekedar aci yang digoreng saja, namun beberapa tambahan untuk membedakan varian rasanya juga semakin lama bertambah banyak. Beberpaa diantaranya adalah sosis, daging sapi, ayam, keju, dan lain-lain. Sajian cireng yang masih hangat dengan saus, sambal ataupun kecap adalah pilihan terbaik untuk menikmati cireng.
4. COMBRO
Hasil gambar untuk COMBRO ADALAH

Combro merupakan makanan gorengan khas dari Jawa Barat atau Sunda. Combro merupakan salah satu dari banyak makanan Sunda yang dinamai dari singkatan bahan pembuatnya. Combro merupakan singkatan dari "oncom di jero" (oncom di dalam). Combro memang terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat atau lonjong dan diisi dengan sambal oncom lalu digoreng.

 Rasa dari combro ini gurih dan pedas. Combro sangat enak apabila disantap selagi masih hangat. Apabila anda menemukan makanan khas yang bernama comro atau gemet, maka mereka sebenarnya tidak jauh berbeda dengan combro. Untuk dapat menikmati makanan ini pun tidak sulit. Apalagi bagi anda yang tinggal di daerah Jakarta ataupun Bogor karena makanan ini sudah mulai populer di kedua daerah tersebut.


5. NASI KALONG 

Hasil gambar untuk NASI KALONG ADALAH
Apakah anda tahu kalong? Hewan ini berkeliaran saat malam hari saja. Begitu pula dengan nasi kalong, anda hanya bisa menyantapnya ketika malam datang. Sajian makanan ini terdiri dari beras merah dengan tambahan bumbu seperti cabai, daun salam dan bawang sebagai penyedap rasa. Satu keunikan dari makanan khas bandung ini adalah penggunaan bumbu dapur kluwek yang membuat warnanya menjadi hitam. Nasi kalong pada umumnya disajikan dengan ayam goreng madu, tumis buncis serta sambal. Makanan ini menjadi salah satu makanan yang tidak boleh anda lewatkan.
6. LOTEK MACAN 
makanan khas bandung
Anda mungkin sudah berpuluh puluh kali memakan lotek. Namun jangan slaah, lotek khas Bandung yang bernama lotek macan ini dijamin memiliki rasa yang fantastis. Lotek macan meanggunakan sayuran segar yang kemudian diguyur dengan bumbu kacang. Mungkin sajian makanan ini membuat anda sekilas teringat dengan makanan khas dari Malang, yaitu pecel.
Namun, lotek macan memiliki rasa yang lebih mani. Bumbu kacang yang digunakan lotek macan terbuat dari kacang, gula merah, terasi, serta bawang putih. Sebagai pelengkap, lotek macan biasanya disajikan sengan nasi putih hangat ataupun irisan lontong. Kerupuk serta bawang goreng jyga dapat dijadikan tambahan untuk menambah kenikmatan lotek macan.
7. TAHU SUSU LEMBANG 


Hasil gambar untuk tahu susu lembang adalah
Tahu Susu Lembang mulai muncul pada tahun 2008 dan kemudian populer sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung. Dilihat bentuknya, tahu ini sebenarnya sangat mirip dengan tahu pada umumnya, ada yang berwarna putih dan kuning. Permukaannya berubah kering dan renyah setelah digoreng, sementara bagian dalamnya terasa lembut, gurih dan enak.
Sama dengan jenis tahu lainnya, makanan ini berbahan dasar kacang kedelai. Hanya saja, tahu jenis ini dicampur dengan susu sapi murni sehingga selain gurih, teksturnya juga lebih padat. Proses pembuatannya dilakukan secara tradisional dan tanpa bahan pengawet, sehingga pada suhu udara terbuka, makanan ini hanya bertahan sampai 2 hari saja dan maksimal seminggu jika dimasukkan ke dalam kulkas.
Kehadiran Tahu Susu Lembang ini berawal dari keinginan seorang pengusaha yang ingin mengembangkan tahu sebagai salah satu oleh-oleh favorit. Bukan tahu biasa, tetapi tahu yang rasanya berbeda dari tahu yang biasa, dan bahan-bahannya bisa dengan mudah diperoleh di Lembang. Maka muncullah susu sapi sebagai bahan yang dicampurkan dengan kedelai.
Mengolah Tahu Susu Lembang menjadi hidangan yang nikmat sangatlah mudah. Hanya dengan menggorengnya dengan minyak yang panas dan banyak hingga tahu tenggelam di dalam minyak. Setelah warnanya berubah menjadi coklat cerah, segera diangkat dan disajikan panas-panas agar kerenyahannya kulit luar dan kelembutan bagian dalamnya semakin terasa. Disantap dengan cabai rawit, rasanya semakin mantap. 
8. KERIPIK MAICIH 
Hasil gambar untuk KERIPIK MAICIH BANDUNG ADALAH
Maicih, merek kripik pedas asal Bandung ini digandrungi oleh banyak orang. Channel distribusi yang unik, pengemasan yang ramah lingkungan, dan level rasa pedas yang beragam membuat Maicih bukan sekedar kripik biasa. Media sosial pun disulap menjadi platform pemasaran yang efektif.
Siapa yang tidak kenal kripik fenomenal dengan tingkatan kepedasan yang menantang ini. Perjalanan Maicih memang cukup panjang dan melalui pergantian jenis logo hingga tiga kali. Logo yang sekarang muncul pertama kali di bulan Juli 2011. Menurut  logo tersebut mengandung filosofi bahwa emak kini sudah tidak malu-malu lagi menghadapi incu-incunya dan selalu siap menyapa incu-incu dengan senyum yang tulus.
Sejak diproduksi keripik Maicih ini dibuat sampai level 10 yang merupakan level tertinggi. Hal ini sengaja di munculkan karena ingin mengetes selera pasar. Kepedasan dari level 0, level 3, level 5, dan level 10 menunjukan besarnya angka semakin pedas. Dan penggemar maicih banyak yang menyukai keripik singkong level 10. Ingat kemungkinan besar pedas maicih level 10 akan berbeda dengan keripik singkong terpedas yang pernah ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan semua keripik maicih menggunakan cabai asli yang ditumbuk, bukan digiling, sehingga sensasi pedas tidak ada yang hilang. 
9. TUTUT BANDUNG 
makanan khas bandung


Pilihan makanan khas bandung yang terakhir ini mungkin sedikit ekstrim. Hal itu dikarenakan tutut bandung merupakan olahan dari keong yang biasanya hidup di area persawahan. Tutut dimasak menggunakan bumbu pedas. Untuk menghilangkan rasa amis dari keong, biasanya ditambahkan daun salam serta sereh.
Selain itu, terkadang tutut juga dimasak menjadi sayur dengan bumbu kuning. Karena keong memiliki cangkang, maka untuk menikmati tutut harus menggunakan tusu gigi agar dapat mengambil daging keongnya. Sebagai pilihan lain, anda juga dapat menyedotnya satu per satu.
10. PEYEUM 
makanan khas bandung rekommended
Ketika membicarakan sajian kuliner dari Bandung, tidak akan lengkap rasanya apabila belum melibatkan peyeum. Yap, makanan satu ini telah bertahun-tahun menjadi ikon oleh-oleh yang selalu mengisi tas-tas para wisatawan yang kembali ke daerah asalnya.
Peyeum adalah makanan sejenis tape namun memiliki tekstur yang lebih kering. Apabila tape biasanya mengandung banyak air yang terasa manis dan sedikit masam, maka peyeum sebaliknya meski dibuat dari bahan yang sama, yaitu singkong. Proses pembuatan peyeum tidaklah sulit.
Pertama-tama, singkong dikupas dan dibersihkan. Kemudian dikukus hingga matang dan didinginkan. Setelah itu, singkong ditaburi dengan ragi dan disimpan dalam sebuah wadah kemudian ditutup. Singkong baru dibuka kembali setelah 2 atau 3 hari.
Selain dikonsumsi begitu saja dengan secangkir the, peyeum juga sangat nikmat apabila digoreng, apalagi dengan tambahan topping berupa keju ataupun cokelat. Harganya yang murah serta ketahanannya yang lumayan lama membuat banyak wisatawan menjadikannya sebagai oleh-oleh.
Itulah beberapa pilihan makanan serta cemilan dari Bandung yang akan sangat sayang apabila anda lewatkan.


Source :
https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-bandung/
http://www.apasih.web.id/cireng-camilan-enak-dan-murah-340.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Combro
https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tahu-susu-lembang
https://www.maicih.com/keripik-maicih-level-berapa-yang-kamu-suka/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar