Minggu, 29 September 2019

EUROPAN BUFFET TERMINOLOGY

1. Macedoine of Vegetable mayonaise












Versi asli salad ini ditemukan pertama kali oleh seorang Belgia bernama Lucien Olivier pada tahun 1860. Olivier merupakan seorang chef yang berasal dari Hermitage, salah satu restoran yang paling populer di Moskow. Salad buatannya dengan cepat menjadi terkenal di antara pengunjung restoran dan membuatnya menjadi makanan yang menjadi ciri khas Hermitage. Resep yang sebenarnya tentu saja dijaga kerahasiannya dengan sangat ketat terutama dressing yang digunakan, namun diketahui bahan-bahan salad mengandung grouse (sejenis unggas), veal (lidah sapi muda), caviar (telur ikan), lettuce, crayfish (sejenis udang), capers (kuntum bunga tanaman Capparis spinosa) dan bebek asap, bahan salad ini tentu saja bisa berubah tergantung kondisi saat itu. 

Dressing aslinya sendiri merupakan tipe mayonnaise yang terbuat dari French wine vinegar, mustard, dan minyak zaitun Provencal, untuk takaran bahan-bahan dressing ini tidak ada yang mengetahuinya. Menjelang pergantian abad ke-20, salah satu Olivier's sous chef bernama Ivan Ivanof berusaha mencuri resep salad tersebut. Di suatu malam, saat sedang mempersiapkan dressing seperti biasanya, Olivier tiba-tiba dipanggil untuk suatu urusan yang penting. Tidak membuang waktu Ivan Ivanof lantas masuk ke dalam dapur pribadi Olivier dan mengambil kesimpulan yang masuk akal mengenai bahan-bahan yang digunakan dengan melihat aneka bahan yang tergeletak di meja. Ivan kemudian mengundurkan diri dari Hermitage dan bekerja sebagai chef di Mokswa, sebuah restoran dengan  level yang lebih rendah. Di sana Ivan mulai menyajikan salad yang dicurigai mirip dengan Olivier salad dengan nama 'Capital Salad'. Walaupun kemudian banyak pakar kuliner yang berpendapat bahwa dressing pada Capital Salad memiliki kualitas yang lebih rendah, alias 'kehilangan suatu bahan' di dalamnya.

Cerita selanjutnya adalah Ivan Ivanov kemudian menjual resep salad tersebut ke berbagai penerbit dan menjadikan salad ini semakin terkenal.  Seiring dengan ditutupnya Hermitage restoran pada tahun 1905 dan kepindahan keluarga Olivier keluar dari Rusia, salad jenis ini sekarang seringkali di kenal dengan nama 'Olivier'. Mengikuti perkembangan jaman dan faktor kepraktisan serta biaya yang harus dikeluarkan, bahan-bahan salad yang mahal lantas digantikan dengan jenis yang lebih murah dan terjangkau seperti yang saya lakukan kali ini. Jika anda ingin mencoba membuatnya di rumah,  anda bisa menggunakan jenis sayuran sesuai dengan selera anda, tidak harus sama dengan yang saya sertakan di resep. Dedaunan segar seperti selada dan lettuce saya rasa juga sedap untuk menjadi pilihan. Untuk protein yang digunakan, bisa ditambahkan potongan ikan tuna kalengan, ayam panggang suwir, potongan sosis atau hanya telur rebus seperti salad yang saya buat.

Komposisi dressing-nya sendiri bisa disesuaikan dengan selera. Jika anda menghindari menggunakan banyak mayonnaise di dalam salad maka kurangi porsi yang saya sertakan di bawah atau gantikan dengan yogurt untuk versi yang lebih sehat. Walau mustard akan memberikan rasa sedikit menyengat yang khas selayaknya  wasabi  di sushi dan membuat dressing menjadi segar, namun skip saja jika anda tidak memilikinya di rumah. Selebihnya membuat makanan ini sangat mudah dan cepat tentunya.   

source : http://www.justtryandtaste.com/2013/04/russian-salad-olivier.html


2. JELLIED FRUIT SALAD


Salad buah adalah salad dengan berbagai buah-buahan berupa apel, anggur, lengkeng dan ceri. Dahulu, orang Makedonia mengambil semua buah-buahan di kebun buah Makedonia, lalu, menuju ke restoran. Si koki memotong buah-buahan seperti papaya, apel, kiwi, lengkeng, anggur dan ceri dan meletakan ke tempat pembuat salad.
Kemudian, dia menambahkan topping, seperti susu kental manis berwarna putih, parutan keju Mozarella dan meises berwarna-warni, jadilah salad buah khas Makedonia, salad buah ini namanya Macedonia of Fruit Salad (Salad Buah Ala Makedonia).
Di Indonesia, salad buah terkenal di negara-negara Indonesia, seperti Bandung, Jakarta, Pekanbaru, Yogjakarta dan Surabaya.

source : https://sulsalad.wordpress.com/2018/01/20/sejarah-salad-buah/ 


3. SHRIMP BISQUE


Bisque adalah sup yang dibuat dari shell fish atau kerang laut, yang kedalamnya ditambahkan cream. Untuk menambah rasa dan aroma pada jenis sup ini biasanya ditambahkan minuman keras sperti brandy. Sebelum dihidangkan biasanya bisque disaring lebih dahulu.
Contoh: Lobster Bisque, Shrimp Bisque, Prawns Bisque

source : http://muhammadazriel28.blogspot.com/2018/03/food-terminologi.html


4. PUREE OF PUMPKIN SOUP


Puree of Pumpkin Soup adalah soup yang terbuat dari chicken stock dan berbahan dasar labu yang sudah di blender sampai halus. Biasanya soup ini dihidangkan sebagai pembuka pada saat acara dinner. Biasanya juga ditambahkan cream.


5. SPAGHETTI BOLOGNAISE 

Spaghetti merupakan salah satu dari varian pasta yang memiliki bentuk silinder tipis dan padat yang terbuat dari olahan gandum. Spaghetti telah menjadi makanan pokok tradisional penduduk Italia.
Bicara soal menu spaghetti, Anda pasti mengenal nama spaghetti Bolognese. Spaghetti Bolognese adalah salah satu varian spaghetti yang mendunia hingga saat ini. Spaghetti Bolognese telah menjadi makanan favorit bagi masyarakat Eropa dan Amerika. Tercatat Spaghetti Bolognese menduduki peringkat ketiga sebagai hidangan populer yang sering dikonsumsi orang di Jerman.
Namun, sebagian orang Italia mengklaim bahwa Spaghetti Bolognese bukan merupakan hidangan asli Italia. Spaghetti Bolognese merupakan gubahan dari resep ragù alla Bolognese yang sudah ada sebelum Spaghetti Bolognese lahir.

Spaghetti Bolognese adalah hidangan pasta yang biasanya disajikan dan telah populer di luar Italia seperti di penjuru Eropa, Amerika Utara, Brasil, Australia dan Selandia Baru.
Spaghetti Bolognese terdiri dari spaghetti yang disajikan dengan saus Bolognese yang terbuat dari tomat, daging sapi cincang, bawang putih, anggur dan rempah-rempah lainnya. Terkadang daging sapi cincang bisa diganti dengan daging cincang lainnya.
Seperti dikutip dari Lifegate, Menurut Henry Dimbleby, salah satu pendiri jaringan usaha makanan cepat saji di Inggris, "Pasta bolognese sekarang merupakan hidangan paling populer kedua yang disajikan di rumah-rumah di Inggris Raya," ungkapnya.
Meskipun populer sebagai makanan Italia, sesungguhnya hidangan ini bukan bagian dari masakan tradisional Bologna atau Italia.

Asal-usul Spaghetti Bolognese tidak begitu jelas dan sulit terlacak sejarahnya. Tetapi dipercaya Spaghetti Bolognese merupakan bentuk evolusi rakyat Italia yang melakukan migrasi dari Italia Selatan ke Amerika Serikat pada abad ke 20. Spaghetti Bolognese dipercaya sebagai versi hybrid ragù alla Bolognese.
Banyak orang Italia yang mengklaim bahwa Spaghetti Bolognese bukan kudapan asli Italia melainkan merupakan gubahan resep dari ragù alla Bolognese. Bahkan ada beberapa turis yang memesan hidangan ini di Italia, namun orang Italia sendiri tidak mengenali adanya resep tersebut.

Di Italia sendiri Spaghetti Bolognese tidak begitu populer keberadaannya. Orang Italia lebih mengenal olahan Ragù alla Bolognese.
Ragù adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut saus daging yang dimasak dengan api kecil selama berjam-jam. Ragù sendiri diciptakan oleh Alberto Alvisi pada abad ke-18.
Setiap ragù terdiri dari banyak bahan yang bervariasi sesuai dengan masing-masing wilayah yang membuatnya. Ragù 'alla bolognese' hanyalah satu dari banyak varian ragù yang dihidangkan di Italia.
Nama Bolognese sendiri merujuk pada salah satu daerah di Italia Utara bernama Bologna di mana saus ini menjadi hidangan tradisional sejak jaman dahulu.
Ragù alla Bolognese yang merupakan makanan tradisional masyarakat Bologna, Italia ini biasa disajikan dengan Tagliatelle, sejenis pasta berbentuk pipih lebar mirip pita. Orang Italia sendiri tidak pernah menyajikan Ragù alla Bolognese dengan pasta jenis spaghetti seperti yang populer pada saat ini. Ragù alla Bolognese sendiri tidak begitu populer di industri kuliner dunia.
Namun dengan populernya Spaghetti Bolognese, membuat kota Bologna dikenal dunia sebagai tempat asal Spaghetti Bolognese sendiri.

source : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3886493/fakta-spaghetti-bolognese-makanan-yang-ternyata-bukan-asli-italia?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F
6. SPAETZLE






Spaetzle adalah hidangan mie yang berasal dari salah satu negera Eropa yaitu Jerman. Makanan spaetzle ini di buat dengan bahan-bahan yang mudah di dapatkan di pasar atau di supermarket dekat rumah anda. Sehingga untuk anda yang ingin sekali mencicipi masakan spaetzle ini di rumah, tak perlu pergi ke restoran Eropa yang ada di daerah tempat tinggal anda. Karena kami akan membagikan resep spaetzle ini kepada anda. Anda pun juga tidak perlu pergi jauh-jauh ke Jerman kan kalau hanya untuk menikmati masakan spaetzle ini. Namun jika anda sedang berlibur ke Jerman bersama keluarga besar anda, jangan lupa ya sempatkan diri anda dan keluarga untuk menikmati spaetzle ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat masakan spaetzel ini sederhana sekali jadi resep ini juga bisa anda coba jika anda tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak karena terlalu sibuk bekerja. 


source : https://widhiaanugrah.com/resep-spaetzle-khas-jerman-yang-nikmat/
7. BEEF STROGANOFF 













Beef stroganoff telah popular sejak pertengahan abad ke-19, masuk ke dalam edisi perdana ‘kitab suci’ kuliner prarevolusioner klasik Rusia yang bergengsi terbitan 1861, “A Gift to Young Housewives” (Hadiah bagi Ibu Rumah Tangga Muda), yang ditulis oleh Elena Molokhovets. Masakan ini juga masuk dalam L’Art Culinaire di tahun 1891, dan tak lama kemudian hadir di Larousse Gastronomique, di mana masakan ini bercokol sejak saat itu.
Revolusi 1917 membuat kalangan ningrat Rusia—sekaligus tradisi mereka—tersebar ke berbagai penjuru dunia. Beef stroganoff diadopsi oleh koki Tiongkok dengan menyingkirkan krim asam dari resep, membumbuinya, dan menghidangkannya di atas nasi. Dari sana, resep itu diekspor oleh prajurit Amerika pada 1940-an ke AS. Di negeri Paman Sam, masakan ini disajikan di atas mie telur. Sayangnya, resep ini agak dirusak oleh hasrat orang Amerika yang ingin menghemat waktu. Mereka mencampur resep tersebut dengan sup krim jamur kalengan dan saus tomat Heinz sebagai sausnya, yang tentu tak bisa menggantikan rasa orisinil yang kuat yang dihasilkan perpaduan krim asam, mustard, tomat, dan tumis jamur yang telah memenangkan hati Count Pavel.

source : https://id.rbth.com/discover_russia/2014/11/01/beef_stroganoff_steak_prancis_yang_diadopsi_rusia_25771

8. VEGETABLE TAGLIATELLE









Tagliatelle muncul pada tahun antara 1400 SM - 1500 SM pada saat acara pernikahan antara Lucrezia Borgia, anak dari Pope Rodrigo Borgia dengan Alfonso d'Este dimana ia adalah pada masa itu ia adalah salah satu chef dari Bologna yang bekerja pada kerajaan Bologna yaitu Giovanni II Bentivoglio untuk menghormati rambut indah dari Lucrezia. Maka dibuatlah Tagliatelle yang sangat mengingatkan pada rambut dari Duchess of Ferara, Modena, dan Reggio Emilia yang sangat pirang dan keriting.
Kisah ini dibuat agar asal muasal Tagliatelle menjadi semakin menarik
source : https://bolognacookingclass.com/blog/the-magic-story-of-tagliatelle/

9. RED VELVET ROLL











Bolu gulung Red Velvet Roll adalah salah satu produk unggulan di Starbucks. Bentuknya melingkar seperti bolu gulung pada umumnya dan bagian dalamnya berwarna merah menyala dilapisi krim tipis berwarna putih. Teksturnya halus dan aromanya wangi. Bagian luar kue ini ditaburi kacang mede cincang yang menutup seluruh permukaan kue. Saat digigit, renyahnya kacang berpadu dengan lembutnya bolu gulung red velvet.

Kue ini sangat cocok untuk kamu yang tidak terlalu gemar makan makanan manis. Meskipun penampilannya seperti cake yang penuh krim, Red Velvet Roll ini tidak membuat kita takut sakit gigi saat menyantapnya. Rasa manisnya pas.
Red velvet merupakan simbol kue dari Amerika bagian selatan. Pada aslinya, warna merah diperoleh dari buah bit. Sejarahnya, pada perang dunia kedua, para chef sulit mencari bahan pewarna untuk mendapatkan warna merah ini. Akhirnya mereka menggunakan buah bit. Namun, sekarang orang sudah banyak menggunakan pewarna makanan yang tetap aman dikonsumsi, dengan alasan kepraktisan.
Asal-usul kue red velvet sendiri masih belum jelas. Ada yang menyebutkan kue ini pertama kali muncul di Eropa, ada yang mengatakan pertama kali muncul pada 1913, ada juga yang mencatat dalam sejarah bahwa kue ini terkenal sejak dijual di New York pada 1920-an.
Bagaimana pun, red velvet telah berkembang pesat ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tekstur lembut dan rasa yang tidak terlalu manis agaknya membuat banyak lidah lokal bisa menerima kue ini sebagai hidangan penutup yang ngangeni.

source : https://jakartacakes.com/bolu-gulung-red-velvet-roll-di-starbucks/
10. BREAD BUTTER PUDDING









Bread Butter Pudding adalah Roti slice yang dijadikan pudding, pudding asal Inggris ini sangat terkenal dan menyebar luas ke seluruh negara.   
11. MONTE CRISTO SANDWICH












Monte Cristo Sandwich adalah salah satu jenis sandwich yang berisikan ham dan keju yang di goreng. Di sebagian besar daerah, roti lapis ini disajikan gurih. Secara tradisional, roti ini di celupkan keseluruhan dengan telur kemudian di goreng dalam wajan yang telah dipanaskan bersama minyak. Sandwich ini di beberapa daerah di Amerika disajikan dengan cara dipanggang. 

12. CLUB SANDWICH 








Club sandwich ialah sandwich yang terdiri dari tiga/empat helai roti yang      diberi isi  atau disebut juga dengan sandwich bertingkat 

source : https://foodiemoodiecrush.wordpress.com/2017/09/30/sejarah-sandwich/  

Cr: https://apcuisinestory.blogspot.com/2019/08/others-european-buffet.html

Source : https://geminiwithart.blogspot.com/2019/08/other-12-european-buffet.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar