Sabtu, 28 September 2019

MIDLE PRACTICE [prepare]

PREPARE FOR INDONESIAN BUFFET
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Helo Sunshine
Welcome back to my shining Blog, waahh tidak terasa kita sudah memasuki waktu midle practice exam, yang berarti kita sudah berada di pertengahan semester dong dan tak lama juga aku sudah memasuki waktu training, alhamdulillah aku degdegan dan belum lagi dengan semua persiapan yang harus aku siapkan baik-baik, semoga aku bias melalui fase-fase yang menegangkan dengan lancer ya kawan-kawan…. hehehe

okay, sekarang aku akan menceritakan kegiatanku hari ini di dalam kitchen yaa… berhubung karena minggu ini adalah minggu mid praktek jadi aku dan tim ku akan membuat Indonesian Buffet, sungguh bukan suatu jenis menu yang gampang, hufftt….
untuk kali ini aku diberi kepercayaan untuk menghandle dessert, yang berupa Doko-doko cangkuning dan Bubuh Injin.

aku sangat excited membuat 2 jenis makanan ini karena aku sangat menyukai dessert dan sangat menyukai semua jenis kue Indonesia. namun, yang aku keluhkan adalah cara pembuatannya yang tidak segampang bagaimana yang dibayangkan, terlebih lagi jika itu adalah doko-doko cangkuning.
ketika aku menyiapkan bahannya, tidak terlalu susah namun  bias dibilang gampang saja, yaa.. karena semua bahannya sudah tersedia di adalam kitchen, hehehe

oke, pertama-tama aku akan menyiapkan bahan-bahan untuk membuat doko-doko cangkuning, namun disini aku tidak memiliki gambar prepareannya berhubung karena aku kehilangan hp, jadi untuk saat ini mungkin aku hanya menuliskan recipenya saja.

DOKO-DOKO CANGKUNING

*INGREDIENTS
-For-filling
500gr brown sugar
150 ml water
1 pcs greated coconut
1/4 tsp salt
1 pcs pandan leaf

#PROCEDURE
1. gerated brown sugar then mix with water then simmer
2. add greated coconut,salt and pandan leaf and cook
3.the shape of the filling mixture is rounded.

- step 1
125 gr glutinous rice flour
1/2 tsp salt
125 gr coconut milk (pandan leaf colouring)

#PROCEDURE
1. simmer coconut milk until warm
2. mix glutinous rice flour and salt in bowl and pour coconut milk. add pandan food colourinng mix well
3. take the filling mixtureand wrap it with green dough

-step 2
250 gr rice flour
50 gr glutinous rice flour
150 gr sugar
1/2 salt
125 gr coconut milk
2 pcs pandan leaf
banana leaf for cover doko-doko


BUBUH INJIN
*INGREDIENTS
500 gr mung beans, wrashed and soaked for 8 hours
1 l light coconut milk
50 gr ginger, peeled, sliced and crushed
2 pandan leaves, bruished
150-200 gr white sugar
1 pinch salt

Topping 
1/2 greated coconut

#PROCEDURE
1. winnow the beans to remove the huks and pick out broken beans and impurities.
2. to add flavour, perform this optional step of eating beans briefly on a hot steel pan without boil. this adds a slightly singed taste, but be careful not to burn them.
3. place the mung beans, coconut milk, ginger and pandan leaves into a prasure cooker and bring to a boil. cover
4. preasure cook at 1 bar / 15 bar or 7 minutes, turn off check wheter the beans are cooked troughly 
5. add sugar and a pinch of salt. serve with greated coconut and coconut cream.
Thank you ~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar