Sabtu, 28 September 2019

LOCAL FOOD (sulawesi island)

1. Coto Makassar

Ini dia makanan khas Sulawesi yang sudah mendunia, sama melegendanya dengan masakan Padang. Warung atau restoran penjual Coto Makassar bisa anda dapati dengan enteng di beberapa kota besar, mungkin saja ada pula di kota tempat tinggal anda saat ini. Sayangnya, anda yang vegetarian tak dapat nikmati hidangan lezat ini lantaran bahan dasarnya yaitu jeroan serta daging sapi yang sudah di rebus dalam waktu yang cukup lama dalam air yang habis dipakai untuk membersihkan beras plus kacang tanah yang telah dihaluskan.


Coto Makassar

Dan untuk bumbunya adalah bawang putih, bawang merah, garam, ketumbar serta jintan sangria, kemiri dan merica. Coto Makassar lebih lezat disantap waktu masih hangat bersama-sama ketupat atau buras. trebayang kan bagaimana lezatnya kuliner legendaris ini?

2. Jalangkote


Jalangkote

Jalangkote yaitu sejenis makanan khas Sulawesi yang memiliki bentuk menyerupai pastel. Perbedaannya pada bagian kulit jalangkote lebih tipis serta isi dibagian dalamnya tidak sama seperti pastel. Jalangkote umumnya berisi potongan wortel serta kentang berupa dadu, tauge (kecambah) dan soun. yang ditumis bersama-sama bawang merah, bawang putih, garam serta merica. Saus tomat umumnya bakal di sajikan berbarengan jalangkote agar terasa makin nikmat. Di Sulawesi, jalangkote kerap disajikan juga sebagai menu buka puasa.

4. Bubur Manado

Nah, ini dia makanan khas Sulawesi idola saya. Bubur Manado cukup disenangi oleh orang yang di luar pulau sulawesi, termasuk juga di Jawa. Ini lantaran cara membuatnya cukup gampang serta kandungan gizinya juga sangatlah tinggi. Seperti bubur biasanya, bubur Manado terbuat dari beras yang dimasak serta diaduk-aduk sampai mengental bersama-sama garam, merica serta bawang putih.


Bubur Manado

Labu kuning, bayam, kangkung serta daun kemangi bisa ditambahkan sesaat saat sebelum bubur betul-betul masak. Dapat pula ditambahkan jagung manis yang telah dipipili, atau ubi jalar merah. Bubur yang cocok untuk para vegetarian ini umumnya di sajikan bersama-sama sambal serta ikan asin yang digoreng kering. Cocok untuk menu sarapan pagi.

5. Buras/Burasa


Burasa

Jika di lihat sekilas buras/burasa menyerupai dengan lemper, kue basah khas Jawa. Bedanya, jika lemper terbuat dari beras ketan, buras memakai beras sebagai bahan dasarnya, serta keduanya keduanya sama dibungkus dengan daun pisang. Cara memakannya yaitu dengan mencelupkan buras pada bumbu kelapa kering yang telah di campur dengan gula, garam dan cabai. Buras sangat cocok disantap kala sore hari sebagai teman ngopi atau ngteh. Moment syukuran, pernikahan serta pada saat lebaran rasanya tak lengkap tanpa adanya jajanan khas dari Makassar yang satu ini burasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar