Sabtu, 28 September 2019

LOCAL FOOD (jawa island)

Rawon


rachman14.wordpress.com
Satu lagi makanan khas pulau jawa yang berhasil membius lidah para pecinta kuliner di seluruh dunia, rawon namanya. Kuliner yang satu ini sangat mudah dijumpai di beebrapa daerah di Jawa Timur.
Rawon sendiri merupakan sebuah menu dengan kuah berwarna coklat kehitam-hitaman yang didapatkan dari resep rahasia bernama kluwek khas Pasuruan, Jatim. Akan semakin nikmat jika Anda menyantap rawon bersama kerupuk, nasi plus bawang goreng. Ingat, jangan lupa mencicip menu ini saat Anda berhasil menginjakkan kaki di pulau jawa.

Lumpia Semarang

wikipedia.org
Hampir semua orang pasti mengetahui jika kota Semarang memiliki satu makanan khas dengan cita rasa yang sangat nikmat, lumpia namanya. Makanan ini sangat nikmat apabila di santap saat masih hangat, terlebih jika ditambah cabe rawit atau saus pasti akan lebih menggoda dan menggugah selera Anda.
Lumpia Semarang mempunyai isi yang beragam, mulai isi ayam, telur, rebung, udang hingga sayuran. Jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini saat Anda berkunjung ke Semarang.

Soto Lamongan


foodwikipedia.blogspot.co.id
Soto lamongan merupakan salah satu makanan khas pulau jawa, tepatnya khas Jawa Timur. Makanan ini telah mendunia dan telah berhasil memikat banyak pecinta kuliner untuk mencobanya saat berkunjung ke Jawa Timur. Soto lamongan sangat mudah dijumpai hampir di semua daerah di pulau jawa.
Pasti Anda bertanya-tanya apa yang membedakan soto lamongan dengan soto lainnya bukan? Jelas, soto lamongan memiliki satu bumbu rahasia yang menambah cita rasanya menjadi semakin nikmat, koya namanya. Yakni sejenis bubuk dengan rasa yang sangat gurih yang terbuat dari bawang putih dan kerupuk udang. Pastikan Anda telah mencicipi kuliner khas pulau jawa yang satu ini saat berkunjung kesana.

Tempe Mendoan

youtube.com
Tempe mendoan ialah salah satu menu khas Jawa Tengah, tepatnya dari daerah Banyumas dan Purwokerto. Sangat mudah menemukan pedagang yang menjajal tempe mendoan di berbagai lokasi di sana. Hampir menyerupai tempe goreng biasanya, hanya saja tempe mendoan terkenal karena di goreng menggunakan minyak panas dengan proses yang sangat cepat sehingga tidak terlalu matang.
Namun, hal inilah yang disukai para pemburu wisata kuliner terbaik. Saat ini, tempe mendoan bisa dijumpai di hampir seluruh pelosok Jawa Tengah dan sekitarnya. Jangan lupa mencicipinya saat Anda berkunjung ke pulau jawa.

Rujak Cingur

life-style.cepamagz.com
Rujak cingur juga telah menjadi salah satu kuliner khas pulau jawa yang memiliki banyak penggemar dari dalam hingga para wisatawan asing. Kuliner yang satu ini berasal dari Jawa Timur, namun kini Anda bisa menemukannya di hampir semua daerah di pulau jawa bahkan di luar pulau jawa.
Rujak cingur sendiri terbuat dari irisan buah-buahan dan sambel pedas manis serta sayuran dan beragam bahan lainnya. Perpaduan antara petis, gula merah, kacang tanah plus cabe membuat rujak cingur semakin menggugah selera para pecinta kuliner.

Telur Asin

endogasinsite.wordpress.com
Tahukah Anda? Ternyata ada salah satu kota di pulau jawa yang amat sangat terkenal dengan produksi telur asinnya, yaitu daerah Brebes, Jawa Tengah. Hampir sebagian besar masyarakat pulau Jawa selalu menyediakan telur asin sebagai menu pelengkap hidangan lezatnya.
Bahkan tidak hanay dijadikan teman nasi, terdapat pula masyarakat yang mengkonsumsinya begitu saja tanpa menggunakan nasi. Pastikan Anda tidak melewatkan menu yang satu ini saat mengunjungi pulau jawa. Akan lebih berkesan saat Anda bisa langsung mencicipinya dari daerah penghasil telur asin terbaik, Brebes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar